• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
Universitas Gadjah Mada Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Sambutan
    • Sejarah Perubahan Nama
    • Dosen
    • Staf
    • Leaflet
    • Struktur
    • Kontak
  • Program
    • Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (S2)
      • Profil
      • Keunggulan
      • Kurikulum
      • Minat Studi TDSP
      • Fasilitas
      • Testimoni Alumni S2
      • Persyaratan Ujian
      • Akreditasi
      • SK Perubahan Nama
      • Panduan Akademik S2
      • Download Brosur
      • Visi & Misi
    • Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (S3)
      • Profil
      • Keunggulan
      • Kurikulum
      • Fasilitas
      • Testimoni Alumni S3
      • Persyaratan Ujian
      • Akreditasi Program Studi Doktor
      • Panduan Akademik S3
      • SK Perubahan Nama
      • Panduan Akademik Doktor
      • Download Brosur
      • Visi & Misi
    • Zona Integritas
      • Hasil Kepuasan Mahasiswa Doktor 2020
    • Testimoni Mahasiswa/Alumni
    • FAQ
  • Admisi
    • Surat Keputusan UKT
    • Beasiswa
    • FAQ – Pendaftaran
    • Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (S2)
      • Kualifikasi Calon Mahasiswa
      • Prosedur Pendaftaran Magister
      • Persyaratan Pendaftaran Magister
      • Akreditasi Program Studi Magister
      • Informasi Pendaftaran
      • Panduan Akademik Magister
      • Panduan Tesis
    • Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (S3)
      • Kualifikasi Calon Mahasiswa
      • Prosedur Pendaftaran Doktor
      • Persyaratan Pendaftaran Doktor
      • Informasi Pendaftaran
      • Panduan Disertasi
    • Jadwal Seleksi Magister dan Doktor
    • Panduan KRS Mahasiswa (SIA-SIMASTER)
  • Riset & Pengabdian
    • Riset Terkini
      • Riset Dosen & Peneliti
      • Riset Mahasiswa S2
      • Riset Mahasiswa S3
    • Kegiatan Pengabdian
    • Profil Peneliti
  • Karir & Alumni
    • Info Karir/Volunteer
    • Cerita Alumni
    • Notable Alumni
    • Tetap Terhubung
    • Keuntungan Alumni
  • Jurnal
  • Perpustakaan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Inovasi Pelayanan Publik di Era Demokrasi

Inovasi Pelayanan Publik di Era Demokrasi

  • Berita Utama
  • 7 November 2016, 11.03
  • Oleh: Nuriyawan
  • 0

Perubahan dalam birokrasi pemerintah merupakan sebuah tantangan untuk keluar dari zona nyaman. Dalam iklim politik demokrasi di era reformasi, pengelolaan pemerintahan dituntut untuk bertransformasi dengan melakukan inovasi pelayanan publik. Agus Dwiyanto, pengamat birokrasi pemerintahan dari UGM, mengatakan bahwa perubahan tersebut adalah soal momentum.

“Bagaimana agen perubahan mencari momentum,” ujarnya dalam launching dan bedah buku terbitan UGM Press Memimpin Perubahan di Birokrasi Pemerintahan: Catatan Kritis Seorang Akademisi, di ruang seminar MAP UGM, belum lama ini.

Upaya merekonstruksi kekuasaan ada dua cara. Pertama, melakukan perubahan adalah soal momentum. Kedua, sebagai seorang pemimpin harus mempunyai bawahan untuk kepentingan organisasi. Agus Dwiyanto menegaskan bahwa buku Memimpin Perubahan di Birokrasi Pemerintahan: Catatan Kritis Seorang Akademisi terbitan UGM Press merupakan pertanggung jawaban beliau setelah dibebas tugaskan dari birokrasi.

“Upaya itu harus dicari agar dapat dilakukan sebuah perubahan,” ujar Agus Dwiyanto.

Acara launching dan bedah buku tersebut juga dihadiri pembicara lain, yaitu Pratikno, Menteri Sekretaris Negara; Hasto Wardoyo, Bupati Kulon Progo; dan Tavip Agus Rayanto, Kepala Bappeda DIY. Dalam sambutannya Tavip menjelaskan bahwa apa yang dijelaskan dalam buku tersebut sama dengan yang ia temui selama bekerja di birokrasi pemerintahan.

“Struktur birokrasi yang panjang menjadi kendala untuk menciptakan inovasi,” ujar Tavip.

Sementara itu, Pratikno dalam sambutannya menjelaskan birokrasi yang ada di pusat pemerintahan. Mantan Rektor UGM tersebut mengatakan bahwa pelayanan publik harus diutamakan dalam birokrasi. Pratikno juga menceritakan bagaimana Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pelayanan publik harus dioptimalkan karena Indonesia adalah negara hukum.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, selaku pembicara terakhir dalam acara tersebut juga menjelaskan bagaimana birokrasi selama masa pemerintahannya di Kulon Progo. Dengan cara menumbuhkan rasa cinta masyarakatnya terhadap produk-produk lokal, Hasto ingin memperkuat pelayanan publik menjadi lebih optimal dalam birokrasi pemerintahan. (Humas UGM/Satria)

Leave A Comment Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Universitas Gadjah Mada

Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan,
Universitas Gadjah Mada
Jl. Tevesia, Bulaksumur Yogyakarta, 55281 Indonesia
mdkik.pasca@ugm.ac.id
No. HandPhone S2: +6281338203636
No. HandPhone S3: +6281338203882
No. Telepon :+62 (274) 547867

 

Media Sosial

  • Facebook
  • Youtube
  • RSS FEED
  • Twitter
  • Instagram

Link

  • Perpustakaan
  • PSKK UGM
  • Jurnal Populasi
  • Sekolah Pasca
  • UGM
  • Student Login

Pranala Penting

  • Pendaftaran Mahasiswa Baru
  • Informasi Beasiswa
  • Kegiatan Pengabdian
  • Jurnal Populasi
  • FAQ

© 2024 Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju